cara-campur-resin-dan-hardener

Cara Campur Resin Dan Hardener Dengan Tepat, Yuk Simak!

Dalam pencampuran epoxy, bahan yang digunakan biasanya termasuk hardener dan resin. Sebelum mulai pencampuran, anda harus tahu terlebih dahulu seputar keduanya dan cara mencampur kedua komponen tersebut dengan tepat. Yuk cari tahu lebih lanjut mengenai cara campur resin dan hardener.

Bagaimana Cara Campur Resin Dan Hardener?

Apa itu hardener pada resin? Inilah zat kimia dengan fungsi mempercepat epoxy untuk mengeras. Saat dicampur, maka masing-masing akan bereaksi, reaksi kimia tersebut selanjutnya mampu menghasilkan ikatan komponen yang kuat. Selanjutnya epoxy bisa digunakan untuk konstruksi lantai, jembatan, maupun aplikasi konstruksi lainnya.

Sebelum pencampuran, pastikan lokasi punya ventilasi memadai. Anda juga perlu memakai pelindung pernapasan, kacamata pelindung, dan sarung tangan. Untuk permukaan yang hendak dilapisi, harus kering dan bersih dari kotoran. Berikut panduan cara mencampur resin dan hardener dengan tepat:

– Cara Campur Resin dan Hardener dengan Mengukur Bahan secara Tepat

Sangat penting untuk anda mencampur bahan sesuai dengan anjuran pabrikan epoxy terkait agar lebih aman. Biasanya perbandingan resin dan hardener yaitu antara 3:2 atau 2:1. Jika perbandingan yang digunakan kurang tepat, maka hasilnya bisa menjadi kurang optimal.

– Aduk secara Hati-hati dan Perlahan

Saat mulai mengaduk, lebih baik aduk secara hati-hati. Dengan begitu, maka campuran kedua komponen ini bisa homogen atau menyatu. Aduk hingga keseluruhan wadah sampai bagian sudut-sudutnya supaya semuanya bisa tercampur sempurna. Aduk hingga tidak ada gumpalan dalam campuran tersebut.

Hindari terlalu cepat mengaduk agar bisa menghindari gelembung yang bisa saja berdampak buruk untuk hasil akhirnya.

– Pengaplikasian Campuran Epoxy

Kalau sudah tercampur sempurna, maka anda harus segera mengaplikasikannya. Anda perlu memahami waktu terbatas campuran tersebut karena bisa mengeras lama-kelamaan sehingga tidak bisa diaplikasikan secara optimal. Pengaplikasian harus sesuai dengan petunjuk, gunakan roll, atau kuas sesuai jenis proyek anda.Seperti itulah cara campur resin dan hardener. Penting bagi anda untuk mengikuti panduan di atas agar epoxy memiliki kualitas tinggi dan bisa diaplikasikan secara optimal. Pemilihan hardener dan resin itu sendiri harus yang punya mutu tinggi. Anda bisa dapatkan berbagai produk bahan-bahan kimia untuk industri yang berkualitas tinggi di CBC Prima.


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *