perbedaan-hardener-epoxy-dan-clear

Perbedaan Hardener Epoxy dan Clear yang Harus Anda Ketahui

Secara umum, ada dua macam hardener yang biasa digunakan dalam industri yaitu hardener clear dan hardener epoxy. Terdapat beberapa aspek perbedaan hardener epoxy dan clear yang harus anda ketahui sebelum menggunakan hardener-hardener tersebut. Simak lebih lanjut mengenai perbedaannya pada artikel berikut.

Apa Saja Perbedaan Hardener Epoxy dan Clear?

Apa itu epoxy? Inilah bahan yang bisa mengikat komponen dan penggunaannya cukup luas, salah satunya yaitu untuk industri konstruksi. Di dalam epoxy, terdapat komponen hardener dan resin. Sementara resin itu sendiri merupakan salah satu komponen material dasar untuk memberikan sifat kaku dan kekuatan.

Lalu hardener epoxy untuk apa? Secara umum, hardener punya fungsi utama membuat campuran resin bisa mengeras. Yuk simak perbedaan antara hardener jenis epoxy dengan clear pada poin-poin berikut:

– Perbedaan Hardener Epoxy dan Clear dari Waktu Keringnya  

Waktu kering hardener epoxy lebih lama dibandingkan hardener jenis clear. Karena karakteristik tersebut, penggunaan hardener clear sering kali untuk proyek yang butuh pengeringan cepat.

Pada proyek perbaikan rumah, atau industri otomotif, biasanya hardener clear sering diandalkan. Tapi fungsi hardener epoxy tetap sering diandalkan untuk berbagai industri seperti konstruksi dalam skala besar.

– Karakteristik Visual

Perbedaan lainnya adalah dari segi visual. Warna hardener epoxy biasanya antara kuning atau putih. Berbeda dengan hardener clear yang umumnya berwarna transparan. Untuk proyek yang membutuhkan hasil visual transparan, hardener clear bisa diandalkan.

– Perbedaan dari Kekuatannya

Tingkat kekuatan hardener epoxy lebih tinggi kalau dibandingkan jenis clear. Dalam proyek konstruksi yang butuh ketahanan tinggi, hardener epoxy lebih bisa diandalkan.

Baca Juga: Supplier Bahan Kimia di Indonesia

– Perbedaan Harga

Perbedaan kedua jenis hardener ini juga bisa dilihat dari harganya. Biasanya hardener epoxy lebih murah tapi jangan sampai faktor harga ini menjadi penentu utama. Pastikan pemilihan hardener menyesuaikan tujuan hasil akhir proyek.

– Tingkat Kompatibilitas

Dari segi kompatibilitas, jenis hardener epoxy bisa menyesuaikan karakteristik resin epoxy saja sehingga lebih terbatas. Berbeda dengan hardener clear yang bisa menyesuaikan berbagai macam tipe resin.

Untuk mendapatkan keunggulan baik itu dari hardener epoxy maupun clear, anda bisa mencampurnya. Tapi anda perlu tahu cara mencampur hardener clear dengan epoxy yang tepat agar bisa mendapatkan hasil optimal. Kurang lebih seperti itulah beberapa perbedaan hardener epoxy dan clear.

Jika anda membutuhkan produk-produk kimia yang lengkap dan berkualitas tinggi, anda bisa mendapatkannya melalui CBC Prima. Selain produk kimia, tersedia juga berbagai produk farmasi dan produk industri plastik.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *