kemasan-minuman-plastik

Kemasan Minuman Plastik dan Bahan Dasar Pembuatnya

Penggunaan kemasan minuman plastik sudah sangat umum di masyarakat. Kemasan plastik dinilai lebih fleksibel, kuat, dan harganya cukup terjangkau. Tahukah Anda ada beberapa jenis kemasan plastik yang paling umum digunakan untuk makanan dan minuman?

Jenis Kemasan Minuman Plastik Berdasarkan Bahan Pembuatnya

Setiap jenis plastik memiliki karakteristik masing-masing sehingga penggunaannya pun perlu disesuaikan. Berikut ini jenis jenis kemasan minuman plastik dan contoh penggunaannya.

1. Kemasan plastik PET (Polyethylene Terephthalate)

PET adalah jenis kemasan plastik yang cukup tahan terhadap benturan dan dapat melindungi kualitas makanan atau minuman di dalamnya. Produk minuman seperti air mineral dan minuman ringan (soft drink) umumnya menggunakan jenis plastik ini.

2. Kemasan plastik PP (Polypropylene)

Nama plastik pembungkus minuman yang paling umum adalah Polypropylene atau PP. Sifat plastik ini tahan panas dan fleksibel atau mudah dibentuk. Banyak digunakan untuk kemasan yogurt, krim keju, sirup maple, dan lain-lain.

3. Kemasan plastik PS (Polystyrene)

Polystyrene adalah jenis plastik yang tidak berwarna dan cukup keras atau tidak terlalu fleksibel. Biasanya digunakan sebagai lapisan kemasan untuk produk air minum.

4. Kemasan minuman plastik HDPE (High-density Polyethylene)

HDPE adalah jenis plastik yang cukup aman untuk makanan dan minuman dengan tekstur keras, ringan, dan tidak tembus cahaya. Bisa digunakan untuk kemasan produk es krim, susu, dan jus botolan.

5. Kemasan plastik LDPE (Low-density Polyethylene)

LDPE adalah jenis plastik yang kuat, fleksibel, dan tahan panas hingga 60 derajat celcius. LDPE menjadi salah satu bahan utama yang banyak dipakai untuk zip lock kemasan plastik. Bisa untuk kemasan sayur, buah, roti, dan minuman kopi.

6. Kemasan plastik PVC (Polyvinyl Chloride)

PVC adalah jenis plastik yang tembus pandang dan mampu melindungi kualitas makanan atau minuman di dalamnya. Cara memilih plastik minuman khususnya untuk minuman dingin bisa menggunakan kemasan berbahan PVC ini.

7. Kemasan plastik polikarbonat

Plastik polikarbonat memiliki sifat kuat dan tahan terhadap reaksi kimia sehingga dapat menjaga kualitas produk yang ada di dalamnya. Kebanyakan dipakai untuk galon air minum, botol saus tomat, dan botol jus buah.

Itulah daftar kemasan minuman plastik yang terbuat dari berbagai jenis plastik. Secara umum, kemasan plastik ini cukup baik dalam menjaga kualitas makanan ataupun minuman.Bingung mencari kemasan plastik untuk minuman atau makanan? CBC Prima menyediakan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Klik disini untuk dapatkan produk kemasan plastik dan produk plastik berkualitas lainnya.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *