cetakan resin silikon

Cetakan Resin Silikon: Apakah Aman untuk Digunakan?

Berbagai cetakan resin silikon terbilang populer akhir-akhir ini. Banyak ibu rumah tangga menggunakannya sebagai bagian dari proses pembuatan kue. Namun dikarenakan namanya “silikon” beberapa di antara Anda mungkin bertanya-tanya apakah produk tersebut aman digunakan.

Mengenal Cetakan Resin Silikon dan Kegunaannya

Lantas, amankah cetakan kue silikon? Pada dasarnya, cetakan resin dibuat menggunakan bahan silicone yang masih sangat aman. Cetakan ini dibuat dari bahan epoxy, resin, atau silikon yang sudah terstandar sehingga Anda dapat mencetak makanan secara mudah meskipun dilakukan sendiri.

1. Apa itu resin

Untuk menjawab apa itu cetakan resin tentunya perlu mengetahui tentang resin itu sendiri. Ya, resin merupakan zat padat yang tidak memiliki bentuk pasti, berwarna kuning kecoklatan, dan umumnya berasal dari getah pohon karet.

Dari proses tersebut, dapat diketahui jika resin terbuat dari bahan alami yang aman bagi lingkungan dan minim racun. Bahan ini kerap digunakan dalam pembuatan lem, patri, pernis, dan sebagainya.

2. Pembuatan cetakan resin silikon

Pembuatan cetakan silikon dari resin juga sangat mudah, mulai dari menyiapkan bahan, membuat cetakan, dan proses pelepasan cetakan. Secara umum, Anda perlu menyiapkan bahan yang ingin dicetak, seperti mainan, resin, patung, dan sebagainya.

Selanjutnya, buat cetakan untuk silicone rubber dan pastikan tidak ada celah atau kebocoran dalam cetakan. Tuang bahan silicone tersebut, kemudian tambahkan katalis dan aduk secara rata. Setelah kurang lebih 24 jam, pelepasan cetakan produk cetakan resin siap dilakukan.

Baca Juga: Perbandingan Resin dan Katalis yang Tepat

3. Kegunaan dan fungsinya

Banyak orang jual cetakan resin untuk berbagai keperluan. Mulai dari pembuatan cetakan untuk kerajinan dan media, lilin, hingga pembuatan cetakan yang elastis untuk beragam kue. Cetakan silikon juga banyak digunakan dengan kreasi tertentu seperti alfabet, bentuk buah, dan sebagainya.

Berbagai cetakan resin silikon juga banyak digunakan untuk pembuatan mainan yang aman bagi anak. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan bahan pendukungnya, asalkan dipastikan kembali apakah bahan tersebut sudah mendapatkan standar dari badan terkait seperti BPOM atau FDA.

Sedang membutuhkan kemasan makanan yang aman untuk anak-anak? CBC Prima dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain kemasan makanan, kami menyediakan beragam produk dan layanan untuk kebutuhan industri seperti bahan kimia, mesin industri, dan sebagainya. Hubungi pemasaran kami sekarang untuk info lebih lanjut!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *