pigmen-pewarna

Perbedaan Pigmen Warna dan Pewarna

Pigmen warna sering dimanfaatkan dalam kegiatan industri bahkan di kehidupan sehari-hari. Seperti pewarna, pigmen juga berfungsi untuk memberikan warna pada suatu produk. Lantas, apa perbedaan pigmen dan pewarna?

Perbedaan Pigmen Warna dan Pewarna

Pewarna dan pigmen zat pemberi warna yang terbuat dari bahan alami maupun sintetis. Keduanya memiliki beberapa perbedaan, antara lain.

1. Pengertian Pewarna

Pewarna (dye stuff) adalah bahan kimia yang mudah menyerap dalam air. Memiliki partikel cukup halus dan dapat memberikan hasil warna yang terang.

Pewarna ada yang bersifat organik atau alami dan ada juga yang menggunakan bahan-bahan sintetis. Sedangkan untuk penggunaan, pewarna cocok diaplikasikan untuk beberapa produk seperti kertas, rambut, dan tekstil.

2. Pengertian Pigmen Warna

Pigmen (pigment) adalah zat kimia berbentuk bubuk yang memiliki warna dan tidak mudah larut dalam air. Hasil warna dari pigmen tidak terlalu terang tetapi lebih tahan lama.

Pigmen biasa digunakan untuk pewarnaan produk cat, plastik, dan tinta. Pigmen pewarna berdasarkan fungsinya dapat dibedakan menjadi:

  • Warna, fungsi memberikan warna ke permukaan benda
  • Pigmen terang, fungsi memberikan efek metalik
  • Ekstender, fungsi meningkatkan kekentalan, kekuatan, dan mencegah pengendapan
  • Flatting, fungsi mengurangi kilap

3. Perbedaan

Molekul pewarna tergolong kecil dibanding pigmen yang relatif lebih besar. Selain itu, pewarna mudah larut dalam air dan dapat terserap kertas. Sedangkan pigmen tidak mudah larut dan tidak terserap pada kertas.

Pewarna lebih mudah pudar dibanding pigmen, maka dari itu pigmen warna cat bisa bertahan lebih lama meski terkena sinar matahari karena tidak mudah bereaksi kimia. Dalam penggunaannya, pewarna tidak membutuhkan pengikat, berbeda dengan pigmen yang membutuhkan zat pengikat.

Pada kain, pewarna akan menyebar sedangkan pigmen akan berdifusi. Perbedaan lainnya adalah waktu pengeringan, pewarna membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding pigmen untuk bisa kering.

Itulah ulasan mengenai pigmen warna dan pewarna yang memiliki karakteristik dan penggunaan yang berbeda-beda. Penggunaan pigmen ini sudah banyak diaplikasikan dalam berbagai sektor industri, mulai dari cat, tekstil, tinta, dan lain sebagainya.Apakah Anda membutuhkan pigmen atau bahan kimia lainnya? Anda bisa mendapatkan produk kimia berkualitas tinggi hanya di CBC Prima. Kunjungi CBC Prima untuk informasi produk dan layanan kami selengkapnya. 


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *